Perkembangan sistem operasi Android


Sejak pertama kali hadir, Operating System (OS) GALAXY sudah beberapa kali mengalami update. Seperti apa versi awal hingga terakhirnya?

Android 1.5 (Cup Cake)
LAUNCH DATE: 30 April 2009
Sistem operasi satu ini mendukung fungsi-fungsi seperti merekam dan playback video saat kita berada di camcorder mode. Selain itu, kita juga bisa langsung meng-upload video ke YouTube dan foto ke Picasa. OS Cup Cake yang berbasis Linux Kernel 2.6.27 ini juga mendukung dengan baik fitur-fitur aplikasi lainnya, termasuk aplikasi Bluetooth A2DP.

Android 1.6 (Donut)
DATE LAUNCHED: 15 September 2009
Penyempurnaan dari Cup Cake hadir lewat Donut. Ini bisa terlihat lewat resolusi WVGA dan interface kamera camcorder yang sudah ter-upgrade, serta terintegrasinya aplikasi gallery. OS Donut yang berbasis Linux Kernel 2.6.29 juga mendukung fitur-fitur lainnya seperti CDMA/EVDO, 802.1x (WiFi), VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine, serta peningkatan kecepatan untuk kamera dan pencarian data.

Android 2.0/2.1 (Eclair)
DATE LAUNCHED: 26 Oktober 2009 (Android 2.0), 3 Desember 2009 (Android 2.1)
Eclair hadir dengan beragam peningkatan, mulai dari tampilan aplikasi browser yang didukung HTML5, Google Maps 3.1.2, Microsoft Exchange, Blutooth 2.1, Live Wallpapers, virtual keyboard serta fitur-fitur kamera (Digital Zoon dan built in flash). Android 2.0 dan Android 2.1 sama-sama berbasis Linux Kernel 2.6.29.

Android 2.2 (Froyo)
DATE LAUNCHED: 20 Mei 2010
Penyempurnaan kembali dilakukan Android lewat OS berbasis Froyo. Berdasarkan uji benchmark, Froyo dapat beroperasi 4 kali lebih cepat dibandingkan pendahulunya, Eclair. Froyo juga memiliki beberapa tambahan fungsi, seperti browser yang terkoneksi dengan Adobe Flash, dan handset yang bisa dijadikan hotspot portable.

Android 2.3 (Gingerbread)
DATE LAUNCHED: 6 Desember 2010
Android 2.3 atau yang dikenal dengan nama Gingerbread muncul dengan berbagai inovasi, mulai dari perbaikan sistem manajemen yang memungkinkan dinonaktifkannya aplikasi-aplikasi yang terlalu lama berjalan di background, hingga manajemen aplikasi yang lebih user friendly, lebih responsive, dan hemat daya. Sistem operasi ini juga mendukung keypad

0 comments:

Post a Comment