Install application to SD Card


Install application to SD Card
Agan2 smua, ijinkan saya berbagi sedikit trik lagi neh..... smoga bermanfaat.

Dalam beberapa posting terakhir banyak dibahas ttg bagaimana cara mindahin aplikasi ke SD, pake apps 2 SD jg gak semuanya bisa termasuk mo mindahin NFS Shift (lumayan gede gan, hampir 40Mb), meski udah froyo ternyata tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke SD.

Pas mo coba dipindahin ternyata, tombol move to SD cardnya tidak aktif (contohnya bukan yg NFS ye....  ):


tapi jangan takut gan... ada cara laen tuk mengubah default install dari Internal Memory ke SD dan tentunya tidak perlu nge-root terlebih dahulu.

Sebelum menjalankan langkah2 dibawah ini, pastikan driver G551 sudah terinstall di PC (cara paling gampang install Samsung Kies).

Langkah2nya sbg berikut :

1. Set USB Debbuging di G551 (dari menu Setting -- Applications -- Development ) dan pasang kabel data.


2. Lagi2 tool yg bisa digunakan adalah SDK Android, bagi agan2 yg blum punya silahkan donlot di mari

3. Extract/Install file hasil donlot tsb, Untuk yg file installasi biasanya folder akan ditaruh di C:\Program Files\android-sdk-windows, sedang yg dari zip file terserah mau ditaruh di mana, kalo saya kebetulan di taruh di D:\android-sdk-windows.

4. Jalankan sdkmanager.exe (ada di folder android-sdk-windows, bahkan klo yg dari install otomatis akan dijalankan saat proses instalasi).

5. Pilih komponen yg harus diinstal, minimal spt yg terlihat di gambar dibawah ini :





Tunggu sampai proses donlot dan install kelar... (lumayan gedhe filenya)

Setelah kelar akan terlihat seperti ini di sdk manager :

6. Masuk ke command prompt dan change folder ke "platform-tools" yg ada di folder sdk-android-windows.


7. jalankan perintah "adb devices" untuk memastikan G551 telah telah terkoneksi dengan benar, nanti akan muncul list device yg terpasang.
8. Jalankan perintah "adb shell pm setInstallLocation 2" untuk mengubah default install ke SD Card (perintahnya case sensitive ya gan, thx to agan redzzz atas koreksinya).
Dalam kondisi ini, default instalasi akan dipindahkan dari Internal memory ke SD Card. Sementara untuk aplikasi yg sudah terinstall, saat kita masuk ke menu "Setting -- Applications -- Manage Applications", maka pilihan "Move ke SD card" akan aktif, sehingga aplikasi bisa dipindahkan ke SD Card.

9. Untuk mengembalikan default install ke Internal Memory jalankan perintah "adb shell pm setInstallLocation 0"




0 comments:

Post a Comment